Destinasi Rute Wisata Jogja Searah yang mudah di Telusuri

Posted on

Rute wisata jogja searah : Siapa yang tak memiliki kenangan di Jogja? Siapa yang tak rindu ketika mendengar kata Jogja? Dan siapa pula yang tak ingin berlibur mengelilingi kota Jogja?

Selain menyimpan banyak kenangan, Jogja juga menyimpan banyak sekali destinasi wisata Jogja yang tak kalah menawan yang bisa menjadi pilihan liburan di saat weekend tiba.

Alasan para wisatawan memilih kota Jogja sebagai salah satu destinasi wisata mereka selain untuk melepas segala penat yang dirasakan di kota-kota besar, juga karena suanasanya yang menenangkan, asri, sikap dan sifat orang-orang Jogja yang begitu ramah, budayanya yang masih sangat kental, dan juga bergelimang kuliner yang sayang untuk ditinggalkan.

Rute Wisata Jogja Searah
Rute Wisata Jogja yang Searah

Maka dari itu, destinasi rute wisata Jogja searah ini pun bisa menjadi salah satu referensi untuk menemukan kebahagiaan baru.

Rute Wisata Menawan Jogja

Banyak wisatawan yang berlibur di kota kenangan ini memilih destinasi rute wisata Jogja searah, karena waktu liburan mereka yang sangat singkat dan juga tidak ingin terlalu lelah dalam menghabiskan waktu untuk pindah dari satu destinasi ke detinasi berikutnya.

Simak Juga : Objek wisata anak di solo yang cocok untuk liburan anak

Rute ini bisa dilakukan dengan sekali jalan saja dan wisatawan akan merasa terbayarkan segalanya dengan keindahan kota Jogja. Inilah rute wisata Jogja searah yang wajib dikunjungi:

Candi Prambanan-Tebing Breksi-Candi Ijo-Candi Ratu Boko

Bagi wisatawan yang senang dengan arsitekstur unik candi, pilihan pertama destinasi rute wisata Jogja searah ini bisa dijadikan salah satu referensinya.

Selain melihat keragaman bangunan candi yang ada di Jogja ini, para wisatawan juga bisa menyambangi Tebing Breksi.

Tebing ini merupakan salah satu cagar alam di Jogja yang tadinya adalah sebuah bukit tambang yang dijadikan sebagai tempat mencari nafkah bagi para warganya.

Tebing ini merupakan hasil dari endapan abu vulkanik dari Gunung Api Purba Nglanggeran yang terdapat banyak batu kapur.

Beberapa tebing yang ada, sengaja dipahat dengan ukiran yang menjadikan tebing ini semakin indah dan tidak meninggalkan nilai budaya di Jogja.

Terdapat pula panggung pertunjukan yang bisa dijadikan tempat duduk untuk beristirahat sejenak setelah menaiki tebing breksi.

Letak Candi Prambanan yang berada disebelah kidul Tebing Breksi dan searah dengan Candi Ijo juga Candi Ratu Boko ini akan sangat menghemat waktu berlibur.

Tapi, jangan lupa untuk membawa kacamata hitam ya, karena paparan matahari yang begitu terik akan terasa menyilaukan penglihatan.

Candi Borobudur-Merapi Park-Jeep Lava Tour Merapi

Selain Candi Prambanan yang merupakan menjadi tempat favorit wisatawan yang sudah banyak dikenal, Candi Borobudur juga merupakan salah satu candi yang masih banyak dijadikan destinasi utama saat berlibur.

Namun, setelah mengakhiri liburan di Candi Borobudur jangan buru-buru untuk pulang terlebih dahulu karena para wisatawan bisa bersenang-senang di Merapi Park dan Jeep Lava Tour Merapi.

Merapi Park atau yang sering disebut dengan The World Landmarks ini akan menyuguhkan berbagai miniatur negara yang sangat instagramable dan juga terdapat taman bunga yang sangat asri.

Selain itu, di Merapi Park ini terdapat pula Museum Gunung Merapi yang menjadi bukti ketika gunung Merapi sempat meletus. Setelah puas berfoto ria di Merapi Park, para wisatawan bisa pindah ke Jeep Lava Tour Park yang jaraknya tak cukup jauh dan bisa ditempuh sekitar dua menit saja.

Nah di sini para wisatawan bisa menikmati rasanya menaiki jeep bersama keluarga, sambil menikmati suasana Merapi yang lebih sejuk.

Gumuk Pasir-Pantai Parangtritis-Bukit Paralayang

Rute wisata yang letaknya berada di selatan Jogja ini merupakan destinasi wisata yang bisa merasakan silirnya angin dan deburan obak yang syahdu.

Hamparan pasir yang proses pebentukanya berasal dari dari embusan angin ini menjadikan suasana di Gumuk Pasir sangat terasa sepoi-sepoi.

Setelah itu wisatawan bisa menuju ke Pantai Parangtritis untuk merasakan deburan ombak yang saling beradu sambil bersantai sejenak dengan menikmati es kelapa.

Ketika senja hampir tiba, saatnya para wisatawan bisa pindah ke Bukit Paralayang yang hanya butuh waktu sekitar 11 menit saja.

Di sini para wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan pantai yang luas, gunung-gunung yang terasa begitu dekat, dan juga hijaunya sawah dan pepohonan yang akan menyegarkan mata.

Hutan Pinus Mangunan-Kebun Buah Mangunan-Rumah Hobbit Seribu Batu

Sisi asri dari kota Jogja bisa dirasakan di daerah Imogiri yang dimulai dari Hutan Pinus Mangunan terlebih dahulu karena akan menyuguhkan banyaknya pohon pinus begitu tinggi dan embusan angin yang menangkan.

Setelah puas melihat pemandangan hutan pinus yang berjejer rapi, para wisatawan bisa pindah ke Kebun Buah Mangunan.

Di kebun buah ini para wisatawan akan dimanjakan dengan banyaknya pohon yang ditanam, seperti rambutan, kelengkeng, durian, jambu air, mangga, dll.

Namun, yang menjadi tujuan utama para wisatawan di sini adalah dengan menikmati pemandangan Kebun Buah Mangunan dari puncak dengan temani keelokan sungai Oyo yang mengular membelah bukit.

Nah kali ini para wisatawan tidak perlu jauh-jauh ke New Zealand untuk melihat dan berfoto ria di rumah hobbit, karena di Indonesia tepatnya di Jogja pun ada.

Replika dari rumah hobbit para kurcaci di New Zealand ini juga wajib dikunjungi setelah dari Kebun Buah Mangunan lho.

Malioboro-Benteng Vredeberg-Taman Pintar

Bagi yang lebih memilih untuk berlibur di kotanya Jogja, tidak perlu bingung karena bisa memilih rute ini sebagai destinasi wisata Jogja searah.

Pertama kali yang terbesit dalam pikiran mengenai Jogja selain akan kenangannya, tentunya adalah Malioboro bukan?

Di Malioboro ini adalah surganya Jogja yang terdiri dari banyak sekali toko-toko pusat perbelanjaan, oleh-oleh, sampai dengan tempat makannya yang semakin terasa suasana Ngayogyakartonya.

Sembari berjalan kaki di trotoar Malioboro, para wisatawan bisa mampir sejenak ke Benteng Vredeberg yang merupakan peninggalan masa jajahan Belanda.

Pertama kali wisatawan akan disuguhkan film dokumenter selama 10-15 menit terlebih dahulu sebelum melanjutkan kunjungan ke ruangan diorama.

Dengan menempuh perjalanan sekitar 2 menit, bagi keluarga yang membawa anak kecil bisa juga menyambangi Taman Pintar lho.

Di sini selain bisa sebagai tempat wisata juga bisa sebagai sarana edukasi bagi anak-anak yang dirangkap dalam satu tempat.

0 KM Jogja-Keraton Jogja-Tamansari

Destinasi liburan di Jogja yang searah terakhir adalah 0KM Jogja, Keraton Jogja, lalu Tamansari.

Lokasi liburan searah ini berada di kotanya Jogja juga yang sangat mudah untuk dilalui tanpa harus bersusah payah dengan mendaki.

Di 0KM Jogja ini bisa dihabiskan dengan berfoto ria sebagai kenang-kenangan, sebelum beranjak ke Keraton Jogja.

Simak juga : Tempat wisata keluarga di bandung yang murah tapi menarik

Setelah itu wisatawan bisa mengakhiri liburan dengan berwisata di Tamansari yang terdapat berbagai bangunan seperti kolam pemandian, jembatan gantung, kanal air, maupun danau dan pulau buatan serta lorong bawah air.

Itulah berbagai destinasi rute wisata Jogja searah yang bisa dijadikan salah satu referensi liburanmu bersama keluarga nanti. Jadi, tunggu apalagi? Tidak perlu gundah dan risau untuk memilih wisata indonesia untuk liburan, Jogja lah jawabannya.

Gravatar Image
Kami Hobi Traveling untuk merefresh otak sekaligus menambah wawasan dan menikmati keindahan wisata indonesia yang dikaruniahkan Allah SWT. Jangan Lupa Bahagia !!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *