Sejarah Dan Lokasi Lawang Sewu, Semarang, Jawa Tengah

Lawang sewu merupakan salah satu bangunan kuno yang sekaligus menjadi tempat di semarang dan dijadikan destinasi pariwisata oleh para mancanegara baik dari luar negeri maupun dalam negeri. Lokasi dari tempat ini berada di daerah Semarang, Jawa tengah. Untuk lebih mengenal akan sejarah serta asal mula dari bangunan tersebut, berikut akan di ulas, dijabarkan sejarah akan lawang sewu beserta lokasi tempat tersebut.

Sejarah Akan Bangunan Lawang Sewu

Lawang Sewu : tempat wisata di semarang yang penuh sejarah

Lawang sewu merupakan salah satu bangunan kuno yang bersejarah, yang dulunya dibangun oleh pemerintah dari kolonial bangsa Belanda. Pada tanggal 27 Februari 1904 bangunan tersebut berdiri dengan begitu gagah dan eksotik. Awal mulanya bangunan yang didirikan oleh bangsa Belanda tersebut didirikan sebagai kantor pusat untuk perusahaan kereta api NIS swasta. Atau yang dikenal dengan Het Hoofdkantoor van de Nederlansch Indische Spoorweg Maatscappij (NIS). Dulunya sebelum bangunan tersebut berdiri, perkantoran NIS untuk kegiatan bagian administrasi kereta api di lakukan di tempat Stasiun Semarang NIS. Dengan banyaknya pertumbuhan jaringan akan pesatnya tentang kereta apian, dengan itu dibutuhkanlah banyaknya personil untuk tambahan dibagian teknisi dan bagian administrasi untuk menambah aktivitas kinerja dari perkantoran NIS tersebut. Dengan penambahan anggota tersebut, mengakibatkan kantor yang ada di NIS Stasiun Semarang menjadi tidak cukup dan memadai lagi. Kemudian, NIS menyewa beberapa bangunan untuk dijadikan kantor sementara akibat tempat yang tidak memadai tersebut. Akan tetapi lokasi bangunan yang begitu jauh sementara kantor stasiun Semarang juga berada di rawa-rawa mengakibatkan lokasi tempat yang tidak efesian, dan memutuskan untuk mengambil pilihan dalam pembangunan perkantoran administrasi baru. Lalu dibangunlah kantor administrasi baru oleh NIS, yang mana rancangan gedung kantor administrasi pusat keretaapian dipercayakan kepada B.J. Ouendag dan Prof. Jacob F. Klinkhamer (TH Delft). Mereka adalah arsitektur yang telah berdomisili di wilayah Amsterdam, AS. Kemudian seluruh prosesi perancangan bangunan telah dilakukan di Belanda, kemudian gambar-gambar yang telah dirancang baru di bawa ke Semarang. Kemudian para anggota telah melihat cetakan biru akan gambar Lawang Sewu dengan denah dan site plan bangunan tersebut telah di gambar di wilayah Amsterdam, AS pada tahun 1903 beserta gambar perlengkapan gambar kerjanya, membuat para anggotapun setuju untuk membuatnya. Dan tahun 1903 telah ditandatanganilah gambar beserta perlengkapan kerja tersebut di Amsterdam dan realisasikanlah atau dibangun di kota Semarang

Lokasi Bangunan Lawang Sewu

Bangunan kuno yang dulunya dijadikan sebagai pusat administrasi perkantoran kereta api ini terletak di Semarang, Jawa Tengah. Tepatnya dibangunan dipinggiran kota, yang dekat dengan kediaman dari Residen. Yaitu letaknya di bagian ujung dari Bodjongweg Semarang, yang sekarang telah diganti menjadi Jalan Pemuda, yaitu di sudut pertemuan dari Semarang Naar Kendalweg dan Bodjongweg, jalan raya yang menuju daerah Kendal

Itulah sekilas sejarah dan lokasi Lawang Sewu, semoga informasi di atas dapat memberikan manfaat dan informasi terkait wisata indonesia khususnya wisata di semarang bagi yang akan berkunjung kesana dan bagi yang membacanya.

0 Response to "Sejarah Dan Lokasi Lawang Sewu, Semarang, Jawa Tengah"

Silahkan anda sampaikan komentar atau kritik, saran dan sebagainya yang bertujuan untuk menjalin silaturahmi dan perkembangan situs ini menjadi lebih baik.